Inilah Daftar Oleh-Oleh Khas Madiun Jawa Timur Yang Populer dan Banyak di Beli Para Pelancong

Madiun adalah kota madya yang cukup ramai dan masuk dalam pusat karesiden dari Kab. Madiun, Magetan, Ngawi, Ponorogo dan Pacitan. Siapapun yang berkunjung ke daerah sekitarnya, pastinya tidak akan lengkap jika tidak mampir ke kota Madiun.

Banyak hal menarik yang ada di kota Madiun, yaitu kota bersejarah, kota para pahlawan (bukan hanya Surabaya lho), kota seribu pendekar dan Madiun juga memiliki julukan kota GADIS.

Eits, jangan mikir yang aneh-aneh dulu ya, maksud dari kota GADIS adalah kota Dagang, Pendidikan dan Industri. Nah, saat kamu berkunjung ke Madiun ada hal yang tidak bisa untuk kamu lewatkan, yaitu oleh-oleh khas Madiun yang sangat populer tingkat Nasional.

Apa saja?

Inilah Daftar Oleh oleh Khas Madiun Jawa Timur

1. Brem Madiun, Jajanan Adem dan Membuat Lidah Bergoyang

Brem Khas Madiun
sumber gambar: http://beritadaerah.co.id/

Madiun adalah kota dimana jajanan Brem menjadi icon dari kota ini. Brem dibuat dari sari ketan yang sudah di fermentasi. Jajanan ini halal, karena beras ketan yang digunakan masih segar (belum berubah menjadi tape) kemudian di masak untuk di fermentasi.

Brem khas madiun berbentuk kotak pipih dengan warna putih sedikit kuning, rasanya cukup adem dan segar disetiap gigitannya. Saat brem sudah mulai masuk ke mulut, testur brem yang pada langsung lebur dan rasanya yang manis langsung menyebar dan terasa oleh lidah.

Di Madiun banyak sekali pabrik yang membuat brem, salah satu yang paling terkenal di Madiun adalah Brem Suling asli Madiun. Selain itu, banyak varian rasa yang di sajikan pada jajanan brem ini, dianatranya rasa original, stroberi, coklat, keju, dan lian-lain.

Harga jual brem Madiun ini cukup murah lho, untuk satu kotaknya ada yang 4000 rupiah, tergantung dari isinya. Kisaran harga jual brem Rp. 5000 – Rp. 15.000, akan lebih murah jika kamu membelinya selusin buat oleh-oleh keluarga dan teman-teman kamu.

2. Sambel Pecel Madiun, Bumbu Khas yang Sangat Populer di Indonesia

Sambal Pecel Khas Madiun
sumber gambar: https://tokopedia.net/

Sambel pecel atau bumbu pecel pasti kamu sudah mengetahuinya, bumbu pecel ini sudah sangat populer di daerah-daerah lain di Indonesia. Bumbu pecel sangat enak saat dipadukan dengan nasi beserta lauk pauknya (seperti kulupan daun, mie dan ayam / ikan).

Hampir disetiap daerah di luar madiun ada warung makan yang menjual nasi pecel, nasi yang ditambah sambel / bumbu pecel yang enak ini.

Namun, pecel yang ada di Madiun benar-benar berbeda dari segi rasa dan sensainya. Saat aku masih merantau di Jogja, jujur saja pecel yang ada di Jogja belum pernah aku menemui pecel yang senikmat di Madiun, dan juga ternyata banyak dari teman-temanku sedaerah yang menyatakan demikian.

Bumbu pecel ini dibuat dengan bahan dasar kacang tanah dan cabai, namun untuk bumbu rahasianya dari setiap pembuat mempunyai rahasia tersendiri. Resep bumbu sambel pecel di Madiun banyak di dapat dari turun temurun dari kakek dan nenek sejak dulu.

Beberapa bumbu pecel yang ada, ada yang dibuat di tambahkan bumbu-bumbu rempah seperti jahe, kunyit dan gula aren. Oleh karena itulah sambel pecel khas di Madiun memiliki sensasi dan rasa tersediri di bandingkan daerah lainnya. Karena khas rasanya dan banyaknya pembuat bumbu sambel pecel, Madiun mendapat julukan sebagai kota pecel.

Saat kamu berkunjung ke Madiun, bumbu sambel pecel Madiun jangan sampai untuk terlewatkan. Bumbu sambel pecel ini banyak di jual di toko-toko oleh-oleh Madiun, biasanya di jual mulai Rp. 25.000 per bungkusnya. Jika kamu berada diluar madiun, bisa kamu beli online lihat di jual sambel pecel.

3. Krupuk Puli Madiun, Kerupuk Gurih dan Renyah dari Nasi

Krupuk Puli Khas Madiun
sumber gambar: http://makanandaerahindonesia.blogspot.co.id/

Sudah tahukan kamu kerupuk puli? kerupuk puli atau kerupuk lempeng adalah kerupuk yang dibuat dari bahan dasar nasi yang di gepengkan. Setelah itu hasil gepengan itu dijemur hingga kering.

Sebenarnya banyak kontroversi untuk makanan yang satu ini. Saat membeli kerupuk puli, kamu harus berhati-hati. Karena kerupuk puli ada yang dibuat dari nasi yang sudah basi ada juga yang dibuat dari nasi yang masih bagus.

Selain itu, kerupuk puli dibuat dengan menggunakan pengawet berwarna kuling, biasa disebut bleng. Bleng ini terkandung didalamnya pengawet berbahaya seperti borax. Meskipun kadarnya sedikit, jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama akan sangat berbahaya.

Nah ciri-ciri kerupuk puli yang tidak baik yaitu kerupuk puli yang tampak keras dan awet. Sedangkan kerupuk puli yang baik adalah kerupuk puli yang mudah pecah dan lebih cepat tumbuh jamur jika tidak segera digoreng.

Kerupuk puli mentah maupun matang akan banyak kamu temui di toko oleh-oleh di Madiun dan Magetan. Jangan lupa untuk memilihnya dnegan baik ya, krupuk puli ini rasanya juga enak, terasa renyah dan gurih.

4. Madu mongso, Jajanan Madiun yang Manis dari Ketan Hitam

Oleh oleh Khas Madiun Madu Mongso
sumber gambar: https://id.wikipedia.org/

Madu mongso adalah salah satu jajanan khas Madiun yang populer dan banyak di gemari. Pada tahun 2001, Madiun pernah memecahkan rekor muri Indonesia karena pagelaran festival Madu mongso sepanjang 1.700 meter / 1,7 KM yang digelar di alun-alun Madiun. Saat itu, festival itu digelar untuk memperingati hari ibu dan hari ulang tahun PKK.

Jajajan khas Madiun yang satu ini di buat dari ketan hitam sebagai bahan dasarnya, ketan hitam diolah hingga menjadi tape melalui proses fermentasi. Setelah itu, dimasak di campur dengan gula dan santan hingga menyerupai dodol.

Jajanan madu mongso rasanya manis sedikit asam dan sangat nagih saat kamu usai memakannya. Madu mongso isi adalah salah satu makanan favorit saya. 😀 Pengemasan madu mongso ini selalu unik, biasanya dibungkus denagn kertas minyak warna-warni ada yang berbentuk bulat dan ada yang berbentuk lonjong seperti dodol.

Madu mongso pasti selalu ada saat musim-musim hari raya seperti hari raya Idul Fitri, imlek dan lainnya. Jajanan ini banyak digunakan untuk menyambut tamu yang datang untuk bersilaturahmi. Untuk mendapatkannya, kamu tidak perlu menunggu sampai hari raya tiba.

Di pusat-pusat oleh-oleh di Madiun banyak menjual jajanan khas yang satu ini,

5. Roti Bluder Cokro Madiun yang Empuk dan Legits

Roti Bluder Cokro Madiun
sumber gambar: http://kusumatrisna.wordpress.com

Oleh-oleh khas Madiun yang paling populer adalah roti bluder, sebenarnya ada banyak jenis roti bluder yang ada di Madiun seperti bluder kresna, bluder miroso, bluder cokro. Namun yang begitu terkenal hingga ke luar Madiun adalah bluder cokro madiun.

Bluder cokro menjadi pionir para bluder lainnya dan menjadi ikon oleh-oleh khas Madiun yang baru. Bluder cokro ini sudah ada sejak lama, akan tetapi mulai naik daun baru-baru ini. Tahukah kamu, roti ini sebenarnya adalah roti kuno jaman kolonial Belanda.

Dulunya sebelum populer seperti sekarang, bluder tetap memiliki penggemar setia roti bluder hanya orang-orang tertentu saja yang mengetahui keberadaan roti bluder. Sekarang, bluder sangat memasyarakat dan banyak orang-orang ketagihan setelah mencoba menikmatinya.

Roti ini memiliki tektur yang sangat lembut dan bentuk yang unik, benar-benar berbeda dengan roti pada umumnya. Dibuat masih dengan cara tradisional dan tanpa menggunakan bahan pengawet, maklum jika masa layak konsumsinya hanya satu minggu. Kelebihannya roti ini pastinya selain enak juga menyehatkan.

Kamu dapat membeli roti bluder cokro Madiun di pabriknya langsungm yaitu di jalan HOS Cokroaminoto, No. 36, Pandean, kota Madiun. Selain bisa membeli, kamu juga bisa langsung melihat proses pembuatan roti bluder cokro di pabriknya langsung.

Harga jual bluder cokro cukup fantastis, sekitar Rp 7.000 – Rp. 15.000 per bijinya, akan tetapi harga jualnya akan terbayar dengan rasanya yang memang enak. Untuk pembelian di pabrik, ada minimum pembelian yaitu satu dus berisi 10 roti bluder. Selain di pabriknya lansgung, roti bluder cokro juga banyak dijual di pusat toko-toko oleh-oleh di Madiun, ada juga dijual secara online.

Itulah informasi seputar jajanan oleh-oleh khas Madiun yang enak dan populer. Nah, sekarang kamu tidak perlu bingung lagi untuk membeli oleh-oleh saat berkunjung ke Madiun.

Loading...
15
2 Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *